Merayakan Idul Fitri Dengan Mengelola 5 Aspek Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan Melalui Program PROPER

Memasuki bulan suci Ramadhan dan sebentar lagi merayakan Hari Raya Idul Fitri, pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang berkelanjutan perlu menjadi perhatian kita semua. Hal ini karena keberlangsungan hidup manusia sangat tergantung pada SDA yang ada di sekitar kita. Dalam perspektif Hari Raya Idul Fitri, terdapat lima fokus utama pengelolaan SDA yang perlu diperhatikan, yaitu emisi, energi, limbah B3 maupun limbah non B3 serta sumber daya air.

5 Fokus Utama Pengelolaan SDA Yang Perlu Diperhatikan Selama Lebaran

1. Emisi
Menurut kompas.com, Emisi gas rumah kaca (GRK) masih menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Penggunaan kendaraan bermotor yang masih tinggi serta pembakaran bahan bakar fosil di sektor industri menjadi penyumbang utama emisi GRK di Indonesia. Maka dari itu, pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, mari kita kurangi penggunaan kendaraan bermotor dan mulai beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan seperti sepeda atau kendaraan listrik.

Selain itu, perusahaan-perusahaan juga perlu memperhatikan pengurangan emisi di sektor industri dengan menggunakan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

2. Energi
Penggunaan energi terbarukan seperti energi surya atau angin masih belum menjadi prioritas utama di Indonesia. Berdasrkan katadata.co.id, penggunaan energi terbarukan bisa mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang jumlahnya semakin menipis. Selama Hari Raya Idul Fitri, mari kita lebih memperhatikan penggunaan energi dengan mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan dan memanfaatkan cahaya alami selama mungkin.

3. Limbah B3
Kegiatan seperti penjualan bahan makanan dan minuman kemasan, bahan kimia untuk pewarnaan dan dekorasi rumah, serta pemakaian produk kosmetik dapat menghasilkan limbah B3 yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, perlu adanya pemantauan dalam penanganan limbah B3 selama Hari Raya Idul Fitri guna memastikan pengelolaan sumber daya alam yang aman.

4. Limbah Non B3
Peningkatan jumlah limbah rumah tangga pada saat lebaran dapat menjadi ancaman bagi lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Pengelolaan limbah yang efektif dan efisien dengan mengadopsi teknologi yang ramah lingkungan seperti daur ulang dan kita juga dapat memilah sampah secara teratur dan mengolahnya menjadi kompos yang berguna untuk tanaman.

5. Sumber Daya Air
Indonesia memiliki banyak sumber daya air yang perlu dijaga kelestariannya. Menurut simantu.pu.go.id, penggunaan air yang berlebihan dan polusi air dapat merusak sumber daya air yang ada. Bahkan, sumber daya air menjadi semakin berharga pada saat lebaran mengingat semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan air bersih.

Setiap individu perlu melakukan peran masing-masing dalam menjaga lingkungan hidup dan perlu dilakukan sinergi antara berbagai sektor seperti industri, pemerintah, dan masyarakat dalam memastikan bahwa kita dapat meningkatkan keberlanjutan pengelolaan SDA di Indonesia. Salah satu bentuk nyata program pengelolaan SDA yang melibatkan 3 stakeholder tersebut adalah program PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan) yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) sejak tahun 1995.

Dengan mempraktikkan penggunaan energi terbarukan, mengurangi emisi dan polusi, serta menjaga keberlanjutan kehutanan dan sumber daya air, kita dapat menjamin masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Semoga Hari Raya Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk berkomitmen dalam menjaga keberlanjutan pengelolaan SDA di Indonesia. Untuk konten menarik lainnya, silakan mengunjungi akun media sosial kami atau telusuri situs web kami di www.enthalphy.com.

Share On :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

1 thought on “Merayakan Idul Fitri Dengan Mengelola 5 Aspek Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan Melalui Program PROPER”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article

Pendampingan PROPER Emas

Pendampingan PROPER Emas Enthalphy hadir untuk mendampingi Anda dalam penyusunan dokumen PROPER

Audit Energi

Audit Energi Enthalphy siap membantu perusahaan dalam pelaksanaan audit energi dengan menyediakan

Scroll to Top
× How can I help you?