Upaya Industri Timah Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Melalui Aktivitas Monitoring Keanekaragaman Hayati

Berdasarkan Permen LHK No 1 Tahun 2021 tentang “Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup”. Perlindungan Keanekaragaman Hayati menjadi salah satu aspek penilaian perusahaan. Hal itu dapat dilakukan dengan monitoring keanegaraman hayati.

Aktivitas monitoring keanekaragaman hayati melibatkan pemantauan dan pengawasan terhadap kehidupan di alam untuk melindungi spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem tempat mereka hidup. Para ahli dan pemerhati lingkungan mencatat informasi mengenai spesies, populasi, lokasi, dan kondisi habitat. Hasil data monitoring keanekaragaman hayati dapat digunakan untuk merencanakan kebijakan pelestarian, pengelolaan sumber daya alam, dan upaya perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Tim visitasi keanekaragaman hayati Enthalphy Environergy Consulting (Enthalphy) yang beranggotakan tiga personel, Rohmat, Ardianto, dan Alfi, melaksanakan survey lapangan di salah satu area tambang timah, Provinsi Bangka Belitung.

Dipimpin oleh Koordinator tim, Rohmat, tim visitasi Enthalphy tiba pada hari Jumat, 05 Mei 2023, pukul 20.00 WIB. Setelah melaksanakan kick off meeting dan koordinasi mengenai teknis di lapangan, tim visitasi melaksanakan perjalanan ke lokasi Sungai Sembulan dan tiba di lokasi pada hari Sabtu (06/06), pukul 06.00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan pendataan flora dan fauna Sungai Sembulan yang dilaksanakan pada empat stasiun lokasi (titik pantau) yang berbeda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem dan perubahan yang terjadi, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga kelangsungan hidup spesies dan menjaga lingkungan hidupnya agar tetap berkelanjutan dan lestari.

(Gambar: Tim visitasi keanekaragaman hayati Enthalphy beserta petugas keamanan lapangan)

Perwakilan dari team leader keanekaragaman hayati Enthalphy menjelaskan bahwa kegiatan monitoring keanekaragaman hayati ini penting karena sebagai perusahaan yang yang bergerak di bidang tambang timah bertanggung jawab atas kondisi ekologis di sekitar perusahaan karena dapat memberikan dampak terhadap lingkungan hidup. Sehingga, dengan melaksanakan kegiatan ini, perusahaan dapat menambah nilai jual yang lebih tinggi dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan.

Share On :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

5 thoughts on “Upaya Industri Timah Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Melalui Aktivitas Monitoring Keanekaragaman Hayati”

  1. 💫 Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik meluncur ke galaksi dari kegembiraan! 🌌 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kegembiraan setiap saat. 💫 Baik itu gayahidup, blog ini adalah sumber wawasan yang menarik! #TerpukauPikiran Berangkat ke dalam petualangan mendebarkan ini dari penemuan dan biarkan pemikiran Anda terbang! ✨ Jangan hanya menikmati, rasakan sensasi ini! 🌈 Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan menyenangkan ini melalui dimensi keajaiban yang tak berujung! 🌍

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article

Pelatihan dan Sertifikasi

PELATIHAN DAN SERTIKASI Enthalphy siap membantu perusahaan dalam layanan training dan sertifikasi

Pendampingan PROPER Emas

Pendampingan PROPER Emas Enthalphy hadir untuk mendampingi Anda dalam penyusunan dokumen PROPER

Scroll to Top
× How can I help you?