Awareness Training di Banjarnegara untuk Meningkatkan Kesadaran dan Pemahaman Stakeholder terkait Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER)

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memiliki beberapa program untuk memantau kualitas lingkungan. Salah satu program pemantauan lingkungan yang berhubungan langsung dengan proses bisnis industri di Indonesia adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER)

Hal ini didasari dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 1 Tahun 2021 bahwa PROPER merupakan program evaluasi ketaatan dan kinerja melebihi ketaatan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan di bidang pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup, serta pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Tim penyelenggara kegiatan PROPER Awareness Training Enthalphy Environergy Consulting (Enthalphy) yang beranggotakan tiga personel, Radit, Fauziah, serta bapak Aris melaksanakan training di salah satu industri pembangkit di Banjarnegara. Bersama dua pembicara Enthalphy, Fauziah dan bapak Aris, pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu ditanggal 20 sampai 21 Juli 2023.

Sub materi yang dipaparkan berupa pentingnya memperhatikan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang terdiri dari Efisiensi Energi, Penurunan Emisi, Pengurangan dan Pemanfaatan Limbah B3 dan Non B3, Efisiensi Air dan Penurunan Beban Pencemaran, serta pemaparan mengenai Sistem Manajemen Lingkungan dan Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan (DRKPL). Selain itu kami juga memaparkan mengenai Inovasi sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Keanekaragaman Hayati, dan Tanggap Kebencanaan.

Kegiatan ini memiliki misi yang sangat penting, yaitu menguatkan komitmen dan kesadaran para peserta terhadap konsep Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER). Dalam konteks ini, pemahaman mendalam tentang pentingnya PROPER menjadi krusial. Capaian hasil PROPER yang maksimal hanya dapat dicapai melalui komitmen yang solid dan pengetahuan yang mendalam mengenai aspek-aspek inti yang diperlukan dalam implementasi PROPER. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, diharapkan peserta tidak hanya memperoleh wawasan yang lebih dalam mengenai PROPER, tetapi juga membangun semangat komitmen yang berkelanjutan untuk menjadikan PROPER sebagai pilar utama dalam praktik operasional mereka.

Perwakilan tim penyelenggara PROPER Awareness Training Enthalphy, Fauziah, menjelaskan bahwa kesadaran terhadap PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) adalah kunci dari keberhasilan PROPER di suatu industri, bukan hanya tentang pemahaman terhadap konsep dan prinsip-prinsip pelatihan, melainkan juga tentang menyadari bahwa penerapan PROPER merupakan sebuah pondasi dalam strategi pengelolaan lingkungan di industri. Dalam setiap langkah perjalanan pelatihan, kesadaran terhadap PROPER akan memberikan arahan yang kuat, memastikan bahwa manfaat yang dihasilkan tidak hanya bersifat singkat, tetapi juga berdampak jangka panjang.

Dengan diselenggarakannya PROPER Awareness Training ini, diharapkan industri dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai PROPER serta membantu personil di industri dapat menyusun dokumen PROPER sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Share On :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article

Pelatihan dan Sertifikasi

PELATIHAN DAN SERTIKASI Enthalphy siap membantu perusahaan dalam layanan training dan sertifikasi

Audit Air

Audit Air Enthalphy siap membantu anda dalam pelaksanaan audit energi dengan menyediakan

Life Cycle Assessment (LCA)

Life Cycle Assessment (LCA) Enthalphy siap mendampingi anda dalam penyusunan dokumen pendukung

Scroll to Top
× How can I help you?